jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

TUGAS ADMIN TOKO atau DISTRIBUTOR

TUGAS ADMIN TOKO atau DISTRIBUTOR

TUGAS ADMIN TOKO atau DISTRIBUTOR

Tentu saja toko atau distributor dengan

perusahaan akan memiliki kebutuhan administrasi yang berbeda, oleh karena itu umumnya admin yang bekerja di toko memiliki tugas yang berbeda. Umumnya tugas admin di toko lebih luas namun intensitas setiap tugasnya lebih ringan.

Hal ini dikarenakan data maupun dokumen serta keperluan toko yang harus dikelola oleh admin lebih sedikit dibanding tingkat kantor perusahaan, sehingga umumnya tugas admin di toko merangkap beberapa tuas yang biasanya dilakukan beberapa admin di kantor  perusahaan besar.

Namun di toko atau distributor yang agak besar umumnya tugas admin akan dibagi menjadi dua jobdesk yaitu admin umum dan admin keuangan. Admin umum mengurusi segala keperluan administrasi selain yang berhubungan dengan keuangan maupun perpajakan. Sedangkan admin keuangan umumnya masih bisa dibagi lagi jika memang dibutuhkan menjadi administrasi bagian kasir dan administrasi bagian perpajakan.

Secara spesifik tugas admin umum toko/distributor adalah

  • Melakukan input atau pemasukan data penjualan yang telah dilakukan sales
  • Menerima dan memberi balasan terhadap panggilan masuk ke toko maupun surat email
  • Membuat laporan rutin mengenai persediaan barang di toko
  • Membuat laporan penjualan berkala atau sesuai yang diinginkan oleh pimpinan perusahaan

Secara spesifik tugas admin keuangan toko/distributor adalah

  • Melakukan tagihan dan menerima tagihan pembayaran terhadap penjualan yang telah dilakukan sales
  • Melakukan pemeriksaan teradap daftar absensi rutin karyawan serta melakukan evaluasi mengenai besar gaji yang harus dibayarkan kepada karyawan
  • Merancang dan membuat neraca keuangan toko dan neraca perpajakan toko

Jobdesk admin setiap harinya umumnya selesai paling belakangan dikarenakan tugas admin setiap harinya harus selesai memfakturkan hasil penjualan sales hingga siap dikirim sehingga harus bekerja sampai tutup penjualan. Umumnya persyaratan untuk menjadi admin toko atau distributor tidak setinggi admin perkantoran karena jobdesk yang lebih simpel. Umumnya dengan minimal pendidikan Sekolah Menengah Atas pelamar sudah bisa memenuhi persyaratan untuk melamar.

Meskipun lulusan Sekolah Menengah Atas seorang admin toko tetap dituntut untuk bisa menggunakan komputer dengan baik. Keterampilan komputer yang diperlukan cukup dapat mengetik di Microsoft Word , membuat perhitungan di spreadsheet seperti Microsoft Excel dan terkadang membuat file presentasi di Microsoft Power Point.

Upah untuk seorang administrasi distributor biasanya mengikuti UMR di wilayah ia bekerja. Namun jika distributor agak besar upahnya juga akan lebih besar dari UMR. Meskipun gajinya di sekitar nominal UMR, pihak toko atau distributor umumnya juga memberikan bonus penjualan apabila penjualan distributor baik atau meningkat karena saat penjualan meningkat pasti tugas admin juga ikut bertambah.


Baca Juga :

jaketkulitgarut

Kembali ke atas