jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Water trappen

Water trappen

            Water trappen yaitu teknik mengapung di air tanpa berpindah tempat. Jadi water trappen bukan berenang. Teknik ini dapat dilakukan dengan posisi tubuh tegak lurus dalam air dan hanya menggerakkan bagian kaki seperti kaki katak. Fungsi dari teknik ini adalah untuk menghemat tenaga dan mengurangi keluarnya keringat yang dapat memicu dehidrasi. Pada saat bertahan hidup di laut teknik ini sangat bermanfaat untuk mempertahan diri sampai bantuan datang untuk menolong.

            Latihan dikolam renang teknik ini dapat dikombinasikan dengan terjun paku. Pada saat melakukan terjun paku dan tubuh sudah muncul ke permukaan lakukan latihan water trappen. Jika anda sudah menguasai minimal 15 menit anda dapat bertahan pengapung tanpa berpindah tempat dan tanpa merasakan kelelahan/ nafas tersengal-sengal. Semakin lama anda mampu mengapung semakin baik. Jika anda sudah cukup menguasai teknik ini dapat dikembangkan dengan mengatur nafas, gunakan pernafasan perut dan cobalah teknik water trappen dengan cara tidur terlentang. Kalo anda benar melakukan tekniknya maka anda dapat terapung tanpa menggerakan apa-apa bahkan dapat tidur mengapung di air.

  LATIHAN RENANG GAYA WATER TRAPEN

Renang dengan menggunakan gaya samping (bebas). Gaya ini diajarkan untuk memberikan pertolongan dan penyelamatan korban di dalam air   (kolam). Prinsip utama renang gaya water trapen adalah

a         Menguasai renang gaya bebas

b        Mampu berenang dengan satu atau dua tangan

c         Mampu menahan napas dalam waktu yang relative lama di dalam air

d        Mampu mengapung dengan menggerakan kedua kaki di dalam air (di tempat)

Cara melakukan gerakan:

a         Sikap awal berdiri di pinggir kolam, kemudian terjun ke air dengan posisi lurus, kedua tangan masuk ke dalam air terlebih dahulu.

b        Meluncurkan di dalam air sejauh mungkin, kemudian diteruskan dengan melakukan gerakan berenang seperti gaya bebas (cobalah dengan satu tangan)

c         Berhenti, kemudian lakukan gerakan berenang di tempat dengan posisi berdiri namun kedua kaki digerakkan berganti (posisi badan mengapung vertical)

Baca juga:

jaketkulitgarut

Kembali ke atas